Entri Populer

Minggu, 06 Maret 2011

PTK DUA


SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR


Nama Mata kuliah
:
Penelitian Tindakan Kelas II
Kode
:
GSD 38
SKS
:
2
Deskripsi
:

Mata kuliah ini dipersiapkan bagi mahasiswa agar mereka dapat mengaplikasikan teori PTK1 secara langsung yang telah dipelajari pada semester sebelumnya khususnya yang berhubungan dengan penulisan Proposal PTK dan Pelaporan hasil PTK. Dengan demikian maka mata kuliah ini secara umum berisikan praktik penulisan proposal PTK dan hasil penelitian tindakan kelas.
Standar Kompetensi:
Mahasiswa memahami dan mengalami Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas secara langsung berdasarkan masalah kelas yang mereka ketahui, sehingga mereka dapat mengalami serta memahami manfaat langsung PTK baik dari segi perbaikan proses pembelajaran dalam kelas, pengembangan karir dan profesi guru, serta perencanaan kurikukum yang berbasis kompetensi untuk mewujudkan hasil belajar yang diharapkan.

NO
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Utama
Waktu
T
P
1
Membandingkan proposal PTK dengan Proposal penelitian kelas
Mengidentifikasi cirri-ciri proposal PTK dan proposal penelitian kelas
Bentuk-bentuk proposal penelitian pendidikan
Format proposal penelitian
1
1
2
Merumuskan judul penelitian
Mengidentifikasi aspek yang terkandung dalam judul PTK
Menuliskan judul masing-masing
Menentukan bidang kajian
Teori merumuskan judul penelitian tindakan kelas
1
1
3
Menulis ‘pendahuluan” proposal PTK
Menulis draf awal ‘pendahuluan’
Merevisi draf ‘pendahuluan’
Menulis ulang draf menjadi ‘pendahuluan’
Aspek-aspek yang harus dimuat dalam ‘pendahuluan’ proposal PTK
1
1
3
Perumusan dan pemecahan masalah
Mengidentifikasi masalah
Menganalisa masalah
Merumuskan masalah

Analisa masalah
Perumusan masalah

1
1
5
Perumusan dan pemecahan masalah
Menganalisa tindakan
Merumuskan tindakan
Merumuskan indicator keberhasilan
Analisis tindakan
Penentuan tindakan
1
1
6
Perumusan tujuan penelitian
Mengidentifikasi tujuan penelitian
Merinci tujuan penelitian
Tujuan penelitian PTK
1
1
7
Perumusan manfaat hasil penelitian
Mengidentifikasi manfaat penelitian secara teori
Mengidentifikasi manfaat penelitian secara praktek
Manfaat PTK  buat guru, sekolah, murid, dan institusi pedidikan
1
1
8
Menulis kajian pustaka
Mengidentifikasi aspek yang diteliti
Mengumpulkan teori yang relevan
Merangkum teori yang relevan untuk mendukung tindakan dan hipotesi tindakan
Menulis draf kajian pustaka
Merevisi draf kajian pustaka
Menulis final kajian pustaka
Teori penulisan karya ilmiah
Kode etik penulisan karya lmiah
Teori referensi atau kutipan
Teori yang berhubungan dengan indicator keberhasilan
1
1
9
Menulis kajian pustaka
Mengidentifikasi aspek yang diteliti
Mengumpulkan teori yang relevan
Merangkum teori yang relevan untuk mendukung tindakan dan hipotesi tindakan
Menulis draf kajian pustaka
Merevisi draf kajian pustaka
Menulis final kajian pustaka
Teori penulisan karya ilmiah
Kode etik penulisan karya lmiah
Teori referensi atau kutipan
Teori yang berhubungan dengan indicator keberhasilan
1
1
10
Menulis kajian pustaka proposal PTK
Mengidentifikasi aspek yang diteliti
Mengumpulkan teori yang relevan
Merangkum teori yang relevan untuk mendukung tindakan dan hipotesi tindakan
Menulis draf kajian pustaka
Merevisi draf kajian pustaka
Menulis final kajian pustaka
Teori penulisan karya ilmiah
Kode etik penulisan karya lmiah
Teori referensi atau kutipan
Teori yang berhubungan dengan indicator keberhasilan
1
1
11
Membuat rencana dan prosedur penelitian PTK
Menguraikan rencana penelitian dengan rinci
Menguraikan prosedur penelitian dengan rinci
Merivisi indicator keberhasilan tindakan
Penerapan Teori rencana dan prosedur penelitian pada PTK
1
1
12
Menentukan jadwal penelitian
Merinci tahun, bulan, minggu dan tanggal penelitian sesuai dengan urutan kerja penelitian
Penerapan teori PTK yang berhubungan dengan penjadwalan
1
1
13
Menentukan biaya penelitian dan personalia penelitian
Menganalisis bahan dan keperluan penelitian
Memutuskan personel yang akan terlibat dalam penelitian
Penerapan teori PTK yang berhubungan
1
1
14
Membuat daftar pustaka
Mengindentifikasi jenis buku sumber (buku, majalah ilmiah dll)
Membuat draf daftar pustaka sesui dengan teori tertentu
Teori penulisan referensi dan bibliography
1
1
15
Membuat lampiran
Mengidentifikasi daftar lampiran yang diperlukan
Penerapan teori PTK yang berhubungan
1
1
16
Membuat instrument penelitian sesuai dengan data yang diperlukan
Mengidentifikasi data,
Menetapkan jenis data
Merinci sifat-sifat data
Menentukan instrument pengumpulan data
Teori pengumpulan data
Teori alat pengumpul data
Teori analisis data
1
1

Referensi:
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2005). Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) tahun anggaran  2006. Jakarta: Direktorat Pemibinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
IGAK Wardani, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Percetakan Universitas Terbuka.
Kemmis, S., Mc.Taggart, R. (1992) The Action Research Plane. Victoria: Deakin University.
Mc. Niff, J. (1992). The Action Research Practice. Kent. Mackays of Chathan PLC.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar