Entri Populer

Senin, 07 Maret 2011

PANDUAN PENILAIAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PANDUAN PENILAIAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FKIP UNIVERSITAS JAMBI

1.       Penilaian seminar proposal penelitian tindakan kelas dilakukan dengan memberikan skor pada setiap aspek penilaian. Skror berkisar antara 1 sampai dengan 5. Pemberian skor dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
a.       Skor 5 diberikan apabila 5 buah deskriptor pada aspek yang bersangkutan muncul/tampak.
b.      Skor 4 diberikan apabila 4 buah deskriptor pada aspek yang bersangkutan muncul/tampak.
c.       Skor 3 diberikan apabila 3 buah deskriptor pada aspek yang bersangkutan muncul/tampak.
d.      Skor 2 diberikan apabila 2 buah deskriptor pada aspek yang bersangkutan muncul/tampak.
e.      Skor 1 diberikan apabila 1 buah deskriptor pada aspek yang bersangkutan muncul/tampak.

2.       Deskriptor setiap aspek sebagai berikut ini.

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
1
Latar Belakang Masalah
Deskriptor:
1.       Dipaparkan kondisi ideal/seharusnya pembelajaran yang diteliti
2.       Dipaparkan kondisi nyata pembelajaran yang diteliti
3.       Ada bukti pendukung utuk kondisi nyata
4.       Ada masalah dan analisis masalah yang menghasilkan penyebab-penyebab terjadinya masalah
5.       Ada tindakan yang dipilih untuk mengatasi masalah

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
2
Rumusan Masalah dan Pemecahannya
Deskriptor:
1.       Rumusan masalah menggunakan kalimat tanya
2.       Rumusan masalah berisi secara jelas menyatakan masalah penelitian
3.       Rumusan masalah menyebutkan alternatif tindakan yang diusulkan
4.       Pemecahan masalah menyebutkan tindakan yang diusulkan
5.       Pemecahan masalah memuat argumentasi logis pemilihan tindakan

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
3
Tujuan Penelitian
Deskriptor:
1.       Tujuan dirumuskan secara singkat
2.       Tujuan dirumuskan secara jelas
3.       Tujuan dirumuskan berdasarkan permasalahan yang dikemukakan
4.       Tujuan dirumuskan berdasarkan cara pemecahan masalah yang dikemukakan
5.       Tujuan dirumuskan dengan menyebutkan indikator keberhasilannya
NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
4
Manfaat Hasil Penelitian
Deskriptor:
1.       Rumusan menyebutkan “manfaat hasil penelitian”
2.       Manfaat hasil penelitian diuraikan secara jelas
3.       Manfaat hasil penelitian berkenaan dengan perbaikan kualitas pendidikan/pembelajaran
4.       Manfaat hasil penelitian menyebutkan subjek yang akan mendapat manfaat (misalnya guru, siswa, komponen sekolah yang lain)
5.       Manfaat hasil penelitian mengemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
 5
Kajian Teoretis dan Empiris
Deskriptor:
1.       Memaparkan kajian teoretis berkenaan dengan pembelajaran yang diteliti
2.       Memaparkan kajian teoretis berkenaan dengan tindakan yang dipilih
3.       Memaparkan teori-teori yang relevan dengan pembelajaran yang diteliti
4.       Memaparkan teori-teori yang relevan dengan tindakan yang dipilih
5.       Memaparkan hasil penelitian terdahulu yang relevan dan menunjukkan kontribusinya pada penelitian yang dilakukan

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
6
Kerangka Berpikir
Deskriptor:
1.       Kerangka berpikir disusun berdasarkan kajian teoretis
2.       Kerangka berpikir disusun berdasarkan kajian empiris
3.       Kerangka berpikir menunjukkan keterkaitan antara (a) masalah, (b) teori, (c) hasil penelitian terdahulu yang relevan, (d) pilihan tindakan.
4.       Kerangka berpikir dipaparkan dalam bentuk uraian argumentatif (kalimat/paragraf)
5.       Kerangka berpikir dipaparkan dalam bentuk bagan/diagram

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
7
Hipotesis Tindakan
Deskriptor:
1.       Hipotesis tindakan berupa pernyataan singkat yang disimpulan dari landasar teori
2.       Hipotesis tindakan memuat pembelajaran yang diteliti
3.       Hipotesis tindakan memuat tindakan yang diusulkan
4.       Hipotesis tindakan memuat subjek dan lokasi penelitian
5.       Hipotesis tindakan bebas dari makna ganda

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
8
Subjek Penelitian
Deskriptor:
1.       Memaparkan karakteristik siswa yang relevan dengan topik penelitian
2.       Memaparkan karakteristik sekolah yang relevan dengan topik penelitian
3.       Karakteristik siswa dipaparkan secara lengkap
4.       Karakteristik sekolah dipaparkan secara lengkap
5.       Memaparkan waktu dan lamanya tindakan dilakukan


NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
9
Prosedur Penelitian: Perencanaan
Deskriptor:
1.       Perencanaan tindakan menggambarkan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum tindakan
2.       Macam hal yang digambarkan cukup lengkap
3.       Perencanaan tindakan menyebutkan waktu dilaksanakannya kegiatan
4.       Perencanaan tindakan menyebutkan pelaku pelaksana kegiatan
5.       Perencanaan tindakan menyebutkan tempat waktu dilaksanakannya kegiatan

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
10
Prosedur Penelitian: Pelaksanaan Tindakan
Deskriptor:
1.       Pelaksanaan tindakan berisi uraian tahapan tindakan yang akan dilakukan
2.       Macam tahapan yang diuraikan cukup lengkap
3.       Pelaksanaan tindakan menyebutkan waktu dilaksanakannya kegiatan
4.       Pelaksanaan tindakan menyebutkan pelaku pelaksana kegiatan
5.       Pelaksanaan tindakan menyebutkan tempat waktu dilaksanakannya kegiatan

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
11
Prosedur Penelitian: Observasi
Deskriptor:
1.       Menyebutkan objek yang akan diobservasi
2.       Menyebutkan cara-cara melakukan observasi
3.       Menyebutkan alat-alat atau format-format yang akan dipakai untuk observasi
4.       Menyebutkan objek evaluasi
5.       Menyebutkan cara dan alat evaluasi

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
12
Prosedur Penelitian: Refleksi
Deskriptor:
1.       Diuraikan prosedur/langkah-langkah refleksi
2.       Diuraikan alat yang digunakan untuk melakukan refleksi
3.       Diuraikan pelaku yang akan melaksanakan refleksi
4.       Diuraikan sumber informasi yang akan digunakan untuk refleksi
5.       Diuraikan cara analisis dalam melakukan refleksi

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
13
Matriks Metode Penelitian
Deskriptor:
1.       Matrik metode penelitian ditampilkan dalam bentuk tabel
2.       Matriks memuat rumusan masalah  dan variabel yang diamati
3.       Matriks memuat definisi operasional variabel
4.       Matriks memuat instrumen, sumber data, dan cara pengambilan data, serta pengolahan data
5.       Terdapat hubungan yang rasional antara komponen yang satu dengan komponen yang lain



NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
14
Jadwal Penelitian
Deskriptor:
1.       Jadwal penelitian memuat kegiatan yang akan dilaksanakan
2.       Kegiatan yang ditampilan memuat  kegiatan tahap persiapan penelitian
3.       Kegiatan yang ditampilan memuat kegiatan tahap pelaksanaan penelitian
4.       Kegiatan yang ditampilkan memuat kegiatan tahap pelaporan penelitian
5.       Jadwal penelitian memuat waktu pelaksanaan kegiatan

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
15
Daftar Pustaka/Daftar Rujukan
Deskriptor:
1.       Tiap butir pustaka/rujukan ditulis sesuai dengan aturan penulisan rujukan
2.       Daftar pustaka disusun secara alfabetis
3.       Sumber yang ditulis hanyalah sumber yang dirujuk
4.       Tidak ada sumber rujukan yang tertinggal/ tidak ditulis dalam daftar pustaka
5.       Sumber pustaka/rujuan lebih dari 5 buah dan bervariasi

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
16
Lampiran
Deskriptor:
1.       Lampiran memuat bukti pendukung untuk latar belakang masalah
2.       Lampiran memuat RPP untuk pelaksanaan tindakan
3.       Lampiran memuat format-format observasi dan evaluasi
4.       Ditulis judul dan nomor lampiran
5.       Ditulis nomor halaman lampiran

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
17
Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia
Deskriptor:
1.       Melaksanakan/mematuhi aturan penulisan huruf kapital/kecil lebih dari 75%
2.       Melaksanakan/mematuhi aturan penulisan huruf miring lebih dari 75%
3.       Melaksanakan/mematuhi aturan penulisan kata lebih dari 75%
4.       Melaksanakan/mematuhi aturan penulisan unsur serapan lebih dari 75%
5.       Melaksanakan/mematuhi aturan penggunakan tanda baca lebih dari 75%

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
18
Penggunaan Kalimat Efektif
Deskriptor:
1.       Lebih dari 75% dari kalimat yang ada menyatakan Subjek dan predikat kalimat secara jelas
2.       Lebih dari 75% dari kalimat yang digunakan hemat dalam penggunaan kata
3.       Lebih 75% dari kalimat yan ada menggunakan logika yang benar
4.       Lebih 75% dari kalimat yang ada menggunakan struktur yang tidak berbelit-belit
5.       Lebih 75% dari kalimat yang ada mudah dimpahami maknanya





NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
19
Penggunaan Paragraf yang Baik
Deskriptor:
1.       Lebih 75% dari paragraf yang ada memiliki kalimat utama/gagasan utama paragraf
2.       Lebih dari 75% dari paragraf yang ada menggunakan kalimat yang padu (kalimat yang satu dengan yang lain berhubungan)
3.       Lebih 75% dari paragraf yang ada memliki kalimat penjelas yang cukup
4.       Kurang dari 25% dari paragraf yang ada memiliki satu kalimat

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
 20.
 Cara Merujuk/Mengutip
Deskriptor:
1.       Lebih 75% cara merujuk mematuhi ketentuan/aturan yang ada
2.       Lebih 75% cara merujuk menggunakan rujukan primer
3.       Lebih 75% cara merujuk menggunakan sumber aktual (kurang dari 5 tahun)
4.       Lebih 75% rujukan langsung ditulis dengan teknik pengutipan yang benar
5.       Lebih 75% rujukan tidak langsung ditulis dengan teknik pengutipan yang benar

NO.
ASPEK PENILAIAN DAN DESKRIPTOR
21
Penerapan Ketentuan Pencetakan/Penulisan
Deskriptor:
1.       Menggunakan jenis kertas dan ukuran yang benar
2.       Menggunakan pias/margin penulisan dengan benar
3.       Menuliskan nomor halaman dengan benar
4.       Menggunakan jenis dan ukuran huruf dengan benar
5.       Menerapkan penulisan halaman judul dan pengesahan dengan benar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar