SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Nama Mata kuliah | : | Penelitian Tindakan Kelas I |
Kode | : | GSD 37 |
SKS | : | 2 |
Deskripsi | : |
Mata kuliah ini dipersiapkan bagi mahasiswa agar mereka mengetahui apa, kenapa dan bagaimana melaksanakan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian maka mata kuliah ini secara umum bersikan theori yang melandasi penelitian tindakan kelas, manfaat penelitian tindakan kelas dalam pengembangan profesi guru dan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum dalam dunia pendidikan, kelebihan dan keterbatasan penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian tindakan kelas, cara penulisan proposal dan pelaporan hasil penelitian tindakan kelas.
Standar Kompetensi:
Mahasiswa memahami Penelitian Tindakan Kelas secara teoritik dan praktik, sehingga mereka menyadari manfaat PTK baik dari segi perbaikan proses pembelajaran dalam kelas, pengembangan karir dan profesi guru, serta perencanaan kurikukum yang berbasis kompetensi untuk mewujudkan hasil belajar yang diharapkan.
NO | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Utama | Waktu | |
T | P | ||||
1 | Menjelaskan Hakikat PTK | Menjelaskan PTK dari berbagai sudut pandang menjelaskan karakteristik PTK | Pengertian dan karakteristik PTK | 1 | 1 |
2 | Menjelaskan Hakikat PTK | Menjelaskan posisi PTK | PTK dan Penelitian kelas, Mengapa PTK dilakukan | 1 | 1 |
4 | Menjelaskan Hakikat PTK | Menjelaskan manfaat PTK Menjelaskan keterbatasan PTK | Manfaat, persyaratan dan keterbatasan PTK | ||
3 | Mejelaskan langkah-langkah PTK | Menjelaskan cara-cara mengidentifikasi masalah | Mengidentifikasi masalah, menganalisis dan merumuskan masalah | 1 | 1 |
5 | Merinci langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan | Merencanakan perbaikan | 1 | 1 | |
6 | Mejelaskan langkah-langkah PTK | Menjelaskan langkah-lngkah dalam pelaksanaan PTK | Melaksanakan PTK | 1 | 1 |
7 | Mejelaskan langkah-langkah PTK | Mendiskripsikan berbgai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan data Menentukan teknik analisa data | Pengumpulan data, Analisa data refleksi | 1 | 1 |
8 | Mejelaskan langkah-langkah PTK | Merencanakan langkah-langkah dalam pelaksanaan tindak lanjut | Perencanaan tindak lanjut | 1 | 1 |
MID TERM TEST | |||||
9 | Merancang PTK | Menentukan langkah-langkah untuk menemukan masalah Menganalisis masalah | Langkah-langkah untuk menemukan dan merumuskan masalah | 1 | 1 |
10 | Merancang PTK | Merumuskan masalah | Merumuskan masalah | 1 | 1 |
11 | Merancang PTK | Merumuskan alternative tindakan | Mengembangkan alternative tindaakan Perbandingan RPP sebelum PTK dengan RPP PTK | 1 | 1 |
12 | Merancang PTK | Menentukan cara pengumpulan data | Mempersiapkan prosedur dan instrumen pengumpulan data | 1 | 1 |
13 | Merancang PTK | Menyusun rencana perbaikan secara lengkap | Mengenal Proposal PTK dan Persiapan penulisan proposal | 1 | 1 |
Referensi:
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2005). Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) tahun anggaran 2006. Jakarta : Direktorat Pemibinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
IGAK Wardani, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Percetakan Universitas Terbuka.
Kemmis, S., Mc.Taggart, R. (1992) The Action Research Plane. Victoria : Deakin University .
Mc. Niff, J. (1992). The Action Research Practice. Kent . Mackays of Chathan PLC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar