RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
RANCANGAN EVALUASI
PETA KONSEP
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Bobot Mata Kuliah : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah : IDIK4008
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
”
UNIT PELAKSANA BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA, JAMBI (UPBJJ-UT JAMBI)
JAMBI 2011
RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Bobot Mata Kuliah : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah : IDIK4008
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menyusun dan menggunakan instrumen penelitian serta merekam hasilnya, merancang dan melaksanakan PTK, menganalisis, menerjemahkan hasil analisis data dan memanfaatkan temuan PTK serta menulis laporan hasil PTK.
Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas, mahasiswa dapat:
1. menjelaskan hakikat Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
2. menyusun dan menggunakan instrumen penelitian serta merekam hasilnya,
3. merancang dan melaksanakan PTK,
4. menganalisis, menerjemahkan hasil analisis data dan memanfaatkan temuan PTK serta
5. menulis laporan hasil PTK.
Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan hakikat PTK secara komprehensif
2. menjelaskan langkah-langkah PTK dan mendeskripsikan setiap langkah PTK
3. menyusun rencana penelitian dan membuan proposal PTK
4. melaksanakan PTK dalam upaya melaksanakan perbaikan pembelajaran
5. menganalisi dan menginterpretasikan hasil analisis data serta menindaklanjuti hasil PTK
6. menyusun dan mendiseminasikan laporan hasil PTK
NO. | KOMPETENSI KHUSUS | POKOK BAHASAN | SUBPOKOK BAHASAN | MODEL TUTORIAL | TUGAS TUTORIAL DAN BOBOT NILAI | ESTIMASI WAKTU | DAFTAR PUSTAKA |
1. | menjelaskan hakikat PTK secara komprehensif | Hakikat PTK | · Pengertian dan Karakteristik PTK · Manfaat, Keterbatasan, dan Persyaratan PTK | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok/ Modul Penelitian Tindakan Kelas | |
2 | menjelaskan langkah-langkah PTK dan mendeskripsikan setiap langkah PTK | Langkah-langkah PTK | · Rencana dan Pelaksanaan PTK · Pengumpulan dan Analisis Data | PAT-UT II | 120’ | ||
3. | menyusun rencana penelitian dan membuat proposal PTK | Rencana Penelitian/Proposal PTK | · Langkah-langkah Perencanaan PTK | PAT-UT I | Menyusun Intisari Materi Modul 1 dan 2 | 120’ | Buku Materi Pokok/ Modul Penelitian Tindakan Kelas |
4. | menyusun rencana penelitian dan membuat proposal PTK | Rencana Penelitian/Proposal PTK | · Rencana dan Proposal PTK | PAT-UT II | 120’ | ||
5. | melaksanakan PTK dalam upaya melaksanakan perbaikan pembelajaran | Perbaikan Pembelajaran dengan PTK | · Perbedaan peran guru sebagai pengajar dan pelaksana PTK · Melaksanakan perbaikan pembelajaran | PAT-UT III | Mengidentifikasi Masalah di Kelasnya | 120’ | Buku Materi Pokok/ Modul Penelitian Tindakan Kelas |
6. | menganalisis dan menginterpretasikan hasil analisis data hasil PTK | Analisis dan Interpretasi Data Hasil PTK | · Analissi, Penyajian, dan Interpretas Data | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok/ Modul Penelitian Tindakan Kelas | |
7. | menindaklanjuti hasil PTK | Tindak Lanjut hasil PTK | · Kesimpulan dan Tindak Lanjut Hasil PTK | PAT-UT III | Proposal PTK | 120’ | Buku Materi Pokok/ Modul Penelitian Tindakan Kelas |
8. | menyusun dan mendiseminasikan laporan hasil PTK | Laporan PTK | · Hakikat Laporan PTK · Menulis dan mendiseinasikan laporan PTK | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok/ Modul Penelitian Tindakan Kelas |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT-1)
Kelompok Belajar : Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Hakikat PTK
1. Pengertian dan Karakteristik PTK
2. Manfaat, Keterbatasan, dan Persyaratan PTK :
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus
Mahasiswa dapat menjelaskan:
1. pengertian PTK
2. karakteristik PTK
3. posisi PTK
4. menfaat PTK
5. keterbatasan dan persyaratan yang diperlukan PTK
Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Menyajikan pokok materi 2. Membimbing diskusi kelompok 3. Mengadakan silang tanya atau tes | 1. Menyimak sajian tutor 2. Membaca buku sumber 3. Melaksanakan diskusi kelompok 4. Mengikuti silang tanya atau tes |
Tahap Penutup | Memberikan pemantapan | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-2)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Langkah-langkah PTK
Subpokok Bahasan :
1. Rencana dan Pelaksanaan PTK
2. Pengumpulan dan Analisis Data
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus, Mahasiswa dapat
1. menjelaskan cara-cara mengidentifikasi masalah
2. merinci langkah-langkah untuk merencanakan perbaikan
3. menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan PTK
4. mendeskripsikan berbagai kaidah dan teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data
5. menjelaskan langkah-langkah dalam merencanakan tindak lanjut
Model Tutorial PAT-UT II
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan PAU-UT II | 1. Melakukan absensi 2. Memperhatikan arahan tutor 3. Membentuk kelompok kecil 3—5 orang |
Tahap Pelaksanaan | 1. Memfasilitasi diskusi kelompok 2. Mengatur perpindahan mahasiswa untuk membentuk kelompok 3. Melaksanakan tes/kuis | 1. Melaksanakan diskusi kelompok 2. Melakukan perpindahan kelompok 3. Mengikuti tes/kuis |
Tahap Penutup | 1. Memberikan pemantapan kepada mahasiswa 2. Memberikan tugas | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-3)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Rencana Penelitian/Proposal PTK
Subpokok Bahasan : Langkah-langkah Perencanaan PTK
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus
Mahasiswa dapat
1. menentukan langkah-langkah untuk menemukan masalah
2. menganalisis masalah yang ditemukan
3. merumuskan masalah
4. mengembangkan alternatif tindakan
Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Menyajikan pokok materi 2. Membimbing diskusi kelompok 3. Mengadakan silang tanya atau tes | 1. Menyimak sajian tutor 2. Membaca buku sumber 3. Melaksanakan diskusi kelompok 4. Mengikuti silang tanya atau tes |
Tahap Penutup | 1. Memberikan pemantapan 2. Memberikan tugas tutorial I (TT-1) | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-4)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : Penelitian Tindakan Kelas
Pokok Bahasan : Rencana Penelitian/Proposal PTK
Subpokok Bahasan : Rencana dan Proposal PTK
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus
Mahasiswa dapat
1. menentukan cara pengumpulan data
2. menyusun rencana perbaikan secara lengkap
3. menyusun proposal PTK
Model Tutorial PAT-UT II
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan PAT-UT II | 1. Melakukan absensi 2. Memperhatikan arahan tutor 3. Membentuk kelompok kecil 3—5 orang |
Tahap Pelaksanaan | 1. Memfasilitasi diskusi kelompok 2. Mengatur perpindahan mahasiswa untuk membentuk kelompok 3. Melaksanakan tes/kuis | 1. Melaksanakan diskusi kelompok 2. Melakukan perpindahan kelompok 3. Mengikuti tes/kuis |
Tahap Penutup | 1. Memberikan pemantapan kepada mahasiswa 2. Memberikan tugas | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-5)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Perbaikan Pembelajaran
Subpokok Bahasan :
1. Perbedaan peran guru sebagai pengajar dan pelaksana PTK
2. Melaksanakan perbaikan pembelajaran
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus
Mahasiswa dapat
1. membedakan peran guru sebagai pengajar dan peneliti
2. membangun kolaborasi dengan teman sejawat
3. melaksanakan perbaikan pembelajaran per daur/siklus
4. melakukan refleksi
Model Tutorial PAT-UT III
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT III | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Mengadakan review materi dengan mengajukan pertanyaan 2. Memandu kerja kelompok 3. Menfasilitasi diskusi pleno | 1. Menyimak materi 2. Melaksanakan diskusi dan kerja kelompok 3. Menyajikan hasil kerja 4. Menanggapi hasil kerja kelompok lain |
Tahap Penutup | 1. Memberikan pemantapan 2. Memberikan tugas tutorial II (TT-2) | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-6)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Analisis dan Interpretasi Data Hasil PTK
Subpokok Bahasan : Analissi, Penyajian, dan Interpretas Data
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus
Mahasiswa dapat
1. menganalisis data PTK
2. menyajikan hasil analisis data
3. menginterpretasikan hasil analisis
Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Menyajikan pokok materi 2. Membimbing diskusi kelompok 3. Mengadakan silang tanya atau tes | 1. Menyimak sajian tutor 2. Membaca buku sumber 3. Melaksanakan diskusi kelompok 4. Mengikuti silang tanya atau tes |
Tahap Penutup | Memberikan pemantapan | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-7)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Tindak Lanjut hasil PTK
Subpokok Bahasan : Kesimpulan dan Tindak Lanjut Hasil PTK
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus
Mahasiswa dapat:
1. menyimpulkan hasil PTK
2. menindaklanjuti hasil PTK
Model Tutorial PAT-UT III
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT III | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Mengadakan review materi dengan mengajukan pertanyaan 2. Memandu kerja kelompok 3. Menfasilitasi diskusi pleno | 1. Menyimak materi 2. Melaksanakan diskusi dan kerja kelompok 3. Menyajikan hasil kerja 4. Menanggapi hasil kerja kelompok lain |
Tahap Penutup | 1. Memberikan pemantapan 2. Memberikan tugas tutorial III (TT-3) | Melaksanakan tindak lanjut |
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL (SAT-8)
Kelompok Belajar :Kota Jambi
Mata Kuliah : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pokok Bahasan : Laporan PTK
Subpokok Bahasan : 1. Hakikat Laporan PTK
2.Menulis dan mendiseinasikan laporan PTK
Semester/SKS : 6 / 2
Nama Tutor : Drs. Maryono, M.Pd
Kompetensi Khusus, Mahasiswa dapat
1. menjelaskan hakikat laporan PTK
2. menetapkan sistematika laporan PTK
3. menjelaskan substansi dalam setiap komponen laporan PTK
4. menerapkan berbagai ketentuan dalam menulis laporan PTK
5. menulis laporan PTK
6. menjelaskan hakikat diseminasi laporan PTK
7. menjelaskan cara mendiseminasikan laporan PTK
8. mendiseminasikan laporan PTK
Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Menyajikan pokok materi 2. Membimbing diskusi kelompok 3. Mengadakan silang tanya atau tes | 1. Menyimak sajian tutor 2. Membaca buku sumber 3. Melaksanakan diskusi kelompok 4. Mengikuti silang tanya atau tes |
Tahap Penutup | Memberikan pemantapan | Melaksanakan tindak lanjut |
THANKS
BalasHapuscopas
BalasHapusTerima Kasih
BalasHapusCukup membantu,tpi sy hrp kpd para tutor untuk buat sesuai dgn gaya kita ngajar di kls dgn panduan yg sdh ada
BalasHapusterima kasih
BalasHapus