Entri Populer

Jumat, 29 April 2011

PGSD4303 Keterampilan Dasar Menulis


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT)
RANCANGAN EVALUASI
PETA KONSEP






Mata Kuliah                             : Keterampilan Dasar Menulis
Bobot Mata Kuliah                  : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah                   : PGSD4303
Kelompok Belajar                    : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT
Nama Tutor                             : Drs. Maryono, M.Pd












UNIT PELAKSANA BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA, JAMBI
(UPBJJ-UT JAMBI)

JAMBI
2011



RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Bobot Mata Kuliah     : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah      : PGSD4303
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi memahami dan merapkan kegiatan tulis-menulis, yang terdiri atas (1) menulis dan penalaran, (2) kalimat efektif, (3) karangan, (4) deskripsi dan narasi, (5) eksposisi, argumentasi, dan persuasi, dan (6) surat-menyurat dinas.

Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Keterampilan Dasar Menulis, mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja.

Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat
  1. menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
  2. mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
  3. memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya
  4. menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
  5. mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan
  6. merencanakan karangan dengan benar
  7. menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
  8. menyusun karangan yang utuh
  9. mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi
  10. membuat karangan deskripsi dan narasi
  11. mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
  12. membuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
  13. menguraikan karakteristik bahasa surat
  14. menerangkan bentuk-bentuk surat
  15. menulis surat dinas dengan baik

No.
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Subpokok Bahasan
Model
Tutorial
Estimasi Waktu
Daftar Pustaka
1.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.  menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
2.  mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
3.  memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya

Menulis dan Penalaran
1.    Hubungan menulis dengan keterampilan berbahasa lain
2.    Ragam Wacana
3.    Menulis sebagai Proses
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 1
2.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.  menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
2.  mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan

Kalimat Efektif
1.    Pilihan Kata
2.    Pengembangan Kalimat Efektif
PAT-UT II
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 2
3.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.    merencanakan karangan dengan benar
2.    menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
3.    menyusun karangan yang utuh
Karangan
1.    Perancangan Karangan
2.    Pengembangan Paragraf
3.    Penyusunan Karangan
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 3
4.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi
Deskripsi dan Narasi
-
PAT-UT II
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 4
5.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat embuat karangan deskripsi dan narasi

Deskripsi dan Narasi
-
PAT-UT III
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 5
6.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi
-
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 6
7.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat embuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi
-
PAT-UT III
120’1
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 7
8.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.    menguraikan karakteristik bahasa surat
2.    menerangkan bentuk-bentuk surat
3.    menulis surat dinas dengan baik
Surat Menyurat Dinas
1.    Bahasa Indonesia dalam Surat-menyurat
2.    Bentuk-bentuk Surat
3.    Menulis Surat
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 8


Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003

































MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-1)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Menulis dan Penalaran
Subpokok Bahasan     :
  1. Hubungan menulis dengan keterampilan berbahasa lain
  2. Ragam Wacana
  3. Menulis sebagai Proses
Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
  1. menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
  2. mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
  3. memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya

Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.    Menyajikan pokok materi
2.    Membimbing diskusi kelompok
3.    Mengadakan silang tanya atau tes
1.      Menyimak sajian tutor
2.      Membaca buku sumber
3.      Melaksanakan diskusi kelompok
4.      Mengikuti silang tanya atau tes
Tahap Penutup
Memberikan pemantapan
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003


MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-2)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Kalimat Efektif
Subpokok Bahasan     :
  1. Pilihan Kata
  2. Pengembangan Kalimat Efektif

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
 Mahasiswa S-1 PGSD dapat
  1. menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
  2. mengembangkan kalimat efektif dalam karangan

Model Tutorial PAT-UT II
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan PAU-UT II
1.      Melakukan absensi
2.      Memperhatikan arahan tutor
3.      Membentuk kelompok kecil 3—5 orang
Tahap Pelaksanaan
1.      Memfasilitasi diskusi kelompok
2.      Mengatur perpindahan mahasiswa untuk membentuk kelompok
3.      Melaksanakan tes/kuis
1.      Melaksanakan diskusi kelompok
2.      Melakukan perpindahan kelompok
3.      Mengikuti tes/kuis
Tahap Penutup
1.      Memberikan pemantapan kepada mahasiswa
2.      Memberikan tugas
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003


MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-3)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT(UPBJJ-UT JAMBI)

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Karangan
Subpokok Bahasan     :
  1. Perancangan Karangan
  2. Pengembangan Paragraf
  3. Penyusunan Karangan

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
  1. merencanakan karangan dengan benar
  2. menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
  3. menyusun karangan yang utuh

Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.      Menyajikan pokok materi
2.      Membimbing diskusi kelompok
3.      Mengadakan silang tanya atau tes
1.      Menyimak sajian tutor
2.      Membaca buku sumber
3.      Melaksanakan diskusi kelompok
4.      Mengikuti silang tanya atau tes
Tahap Penutup
1.      Memberikan pemantapan
2.      Memberikan tugas tutorial I (TT-1)
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003

MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-4)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Deskripsi dan Narasi
Subpokok Bahasan     :

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi

Model Tutorial PAT-UT II
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pelaksanaan tutorial berdasarkan PAU-UT II
1.      Melakukan absensi
2.      Memperhatikan arahan tutor
3.      Membentuk kelompok kecil 3—5 orang
Tahap Pelaksanaan
1.      Memfasilitasi diskusi kelompok
2.      Mengatur perpindahan mahasiswa untuk membentuk kelompok
3.      Melaksanakan tes/kuis
1.      Melaksanakan diskusi kelompok
2.      Melakukan perpindahan kelompok
3.      Mengikuti tes/kuis
Tahap Penutup
1.      Memberikan pemantapan kepada mahasiswa
2.      Memberikan tugas
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003




MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-5)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Deskripsi dan Narasi
Subpokok Bahasan     :

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
Mahasiswa S-1 PGSD dapat membuat karangan deskripsi dan narasi


Model Tutorial PAT-UT III
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT III
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.      Mengadakan review materi dengan mengajukan pertanyaan
2.      Memandu kerja kelompok
3.      Menfasilitasi diskusi pleno
1.      Menyimak materi
2.      Melaksanakan diskusi dan kerja kelompok
3.      Menyajikan hasil kerja
4.      Menanggapi hasil kerja kelompok lain
Tahap Penutup
1.      Memberikan pemantapan
2.      Memberikan tugas tutorial II (TT-2)
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003



MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-6)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT
Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi
Subpokok Bahasan     : ---

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi

Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.          Menyajikan pokok materi
2.          Membimbing diskusi kelompok
3.          Mengadakan silang tanya atau tes
1.      Menyimak sajian tutor
2.      Membaca buku sumber
3.      Melaksanakan diskusi kelompok
4.      Mengikuti silang tanya atau tes
Tahap Penutup
Memberikan pemantapan
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003








MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-7)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi
Subpokok Bahasan     : ---

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
Mahasiswa S-1 PGSD dapat membuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi

Model Tutorial PAT-UT III
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT III
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.      Mengadakan review materi dengan mengajukan pertanyaan
2.      Memandu kerja kelompok
3.      Menfasilitasi diskusi pleno
1.      Menyimak materi
2.      Melaksanakan diskusi dan kerja kelompok
3.      Menyajikan hasil kerja
4.      Menanggapi hasil kerja kelompok lain
Tahap Penutup
1.      Memberikan pemantapan
2.      Memberikan tugas tutorial III (TT-3)
Melaksanakan tindak lanjut


Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003


MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-8)
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Surat Menyurat Dinas
Subpokok Bahasan     :
  1. Bahasa Indonesia dalam Surat-menyurat
  2. Bentuk-bentuk Surat
  3. Menulis Surat

Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Kompetensi Khusus
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
  1. menguraikan karakteristik bahasa surat
  2. menerangkan bentuk-bentuk surat
  3. menulis surat dinas dengan baik

Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.      Menyajikan pokok materi
2.      Membimbing diskusi kelompok
3.      Mengadakan silang tanya atau tes
1.      Menyimak sajian tutor
2.      Membaca buku sumber
3.      Melaksanakan diskusi kelompok
4.      Mengikuti silang tanya atau tes
Tahap Penutup
Memberikan pemantapan
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui

Jambi,
Kepala UPBJJ-UT Jambi
Tutor









Drs. Amril Latif, M.Si
Drs. Maryono, M.Pd
NIP196301011991031004

NIP 196107071986031003

RANCANGAN EVALUASI (RE) 1

Mata Kuliah                : KETERAMPILAN DASAR MENULIS
Bobot Mata Kuliah     : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah      : PGSD4303
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi memahami dan merapkan kegiatan tulis-menulis, yang terdiri atas (1) menulis dan penalaran, (2) kalimat efektif, (3) karangan, (4) deskripsi dan narasi, (5) eksposisi, argumentasi, dan persuasi, dan (6) surat-menyurat dinas.

Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Keterampilan Dasar Menulis, mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja

Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat:
  1. menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
  2. mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
  3. memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya
  4. menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
  5. mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan








Tugas Mahasiswa

Pedoman Penskoran
Setiap hasil kerja siswa diberi skor dengan ketentuan sebagai berikut:
SKOR
DESKRIPSI
4
Intisari yang dibuat mahasiswa sangat tepat
3
Intisari yang dibuat mahasiswa terdapat kekurangan, tetapi masih memenuhi garis besar materi
2
Intisari yang dibuat siswa kurang karena ada bagian yang tidak dipenuhi
1
Intisari yang dibuat mahasiswa sangat kurang karena banyak bagian yang tidak terpenuhi

Skor akhir tugas ini dihitung dengan rumus:
(Jumlah skor 1 s.d.5) : 20 x 100.






RANCANGAN EVALUASI (RE) 2

Mata Kuliah                : KETERAMPILAN DASAR MENULIS
Bobot Mata Kuliah     : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah      : PGSD4303
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi memahami dan merapkan kegiatan tulis-menulis, yang terdiri atas (1) menulis dan penalaran, (2) kalimat efektif, (3) karangan, (4) deskripsi dan narasi, (5) eksposisi, argumentasi, dan persuasi, dan (6) surat-menyurat dinas.

Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Keterampilan Dasar Menulis, mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja

Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat:
  1. merencanakan karangan dengan benar
  2. menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
  3. menyusun karangan yang utuh
mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi









Tugas Mahasiswa

Pedoman Penskoran
Setiap hasil kerja siswa diberi skor dengan ketentuan sebagai berikut:
SKOR
DESKRIPSI
4
Intisari yang dibuat mahasiswa sangat tepat
3
Intisari yang dibuat mahasiswa terdapat kekurangan, tetapi masih memenuhi garis besar materi
2
Intisari yang dibuat siswa kurang karena ada bagian yang tidak dipenuhi
1
Intisari yang dibuat mahasiswa sangat kurang karena banyak bagian yang tidak terpenuhi

Skor akhir tugas ini dihitung dengan rumus:
(Jumlah skor 1 s.d.5) : 20 x 100.








RANCANGAN EVALUASI (RE) 3

Mata Kuliah                : KETERAMPILAN DASAR MENULIS
Bobot Mata Kuliah     : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah      : PGSD4303
Kelompok Belajar       : TUNGKALULU, KAB. TANJAB BARAT
Nama Tutor                 : Drs. Maryono, M.Pd


Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi memahami dan merapkan kegiatan tulis-menulis, yang terdiri atas (1) menulis dan penalaran, (2) kalimat efektif, (3) karangan, (4) deskripsi dan narasi, (5) eksposisi, argumentasi, dan persuasi, dan (6) surat-menyurat dinas.

Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Keterampilan Dasar Menulis, mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja

Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat:
1.      mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
2.      membuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
3.      membedak menguraikan karakteristik bahasa surat
4.      menerangkan bentuk-bentuk surat
5.      menulis surat dinas dengan baik








Tugas Mahasiswa

Pedoman Penskoran
Setiap hasil kerja siswa diberi skor dengan ketentuan sebagai berikut:
SKOR
DESKRIPSI
4
Intisari yang dibuat mahasiswa sangat tepat
3
Intisari yang dibuat mahasiswa terdapat kekurangan, tetapi masih memenuhi garis besar materi
2
Intisari yang dibuat siswa kurang karena ada bagian yang tidak dipenuhi
1
Intisari yang dibuat mahasiswa sangat kurang karena banyak bagian yang tidak terpenuhi

Skor akhir tugas ini dihitung dengan rumus:
(Jumlah skor 1 s.d.9) : 36 x 100.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar